08
Feb

Panduan untuk Berbagai Jenis Lantai Kayu

Lantai Kayu Milan Ecowood

lantai kayu

Jika Anda berpikir untuk menggunakan lantai kayu pada lantai bangunan Anda, maka itu adalah hal yang tepat. Hal ini dikarenakan semua jenis properti ini memiliki keindahan alam yang tak tertandingi dan cocok dengan dekorasi apapun – modern, tradisional, country, semuanya. Namun sebelum Anda melakukannya, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai berbagai jenis lantai yang ada. Berikut ini adalah penjelasannya.

Produk Yang Belum Selesai atau Selesai?

lantai kayu

Lantai kayu keras yang belum selesai adalah pilihan yang baik jika Anda ingin menerapkan pewarnaan khusus sebelum dilakukan finishing, atau jika Anda ingin mencocokkan warna lantai dengan tema dan gaya ruangan Anda. Setelah instalasi dan pewarnaan produk, lantai diberikan beberapa lapis lapisan pelindung.

Jika Anda berpikir untuk menambahkan lantai tersebut di dapur Anda, lantai kayu yang belum selesai adalah pilihan yang baik karena lapisan akhir akan menembus dan menutup lapisan di antara papan, membantu mencegah air merembes di antara papan.

Lantai Kayu Solid atau Direkayasa?

lantai kayu

Solid adalah kayu yang memiliki tebal 5/8 hingga 3/4 inci. Karena terbuat dari kayu solid, kayu ini dapat diampelas dan dipoles berulang kali. Namun, ini rentan terhadap perubahan kelembaban dan tidak disarankan untuk lantai dasar. Sedangkan, produk yang rekayasa adalah lapisan kayu asli yang direkatkan ke beberapa lapisan kayu di bawahnya, seperti kayu lapis. Ini memberikan stabilitas yang sangat baik dari waktu ke waktu dan menjadikannya pilihan yang baik untuk setiap area rumah Anda, termasuk ruang bawah tanah. Tergantung pada ketebalan veneer kayu, lantai kayu yang direkayasa hanya dapat diampelas dan diperbaiki sekali atau dua kali selama masa pakainya.

Itulah berbagai jenis produk yang ada. Selain jenis-jenis, lantai kayu juga memiliki spesies kayu yang biasanya dijadikan sebagai lantai kayu. Berikut ini adalah berbagai spesies tersebut.

Berdasarkan Spesies Kayu

lantai kayu

Produk terbaik dibuat dari spesies kayu yang sangat keras. Beberapa di antaranya adalah lantai ek,  maple, dan ceri. Spesies lain termasuk bambu, kenari, ash, dan mahoni. Adapun spesies yang lebih eksotis, yaitu jati, jarrah, dan mesquite.

Itulah panduannya. Dengan menggunakan Properti dari salah satu jenis di atas, maka Anda akan merasakan berbagai keuntungan. Berikut ini adalah berbagai keuntungan tersebut.

Memberikan Kenyamanan dan Kehangatan

Karena lantai kayu adalah produk alami, mereka memiliki kehangatan yang jauh lebih baik daripada produk lantai buatan lainnya. Dengan demikian, kaki Anda akan merasa jauh lebih nyaman, terutama ketika suhu dingin datang menghampiri.

Daya Tahan yang Tinggi

Properti ini, seperti jenis solid atau direkayasa memiliki daya tahan yang tinggi, sehingga membuatnya sangat tahan lama dan tahan terhadap keausan. Bahkan jika sebagian besar lantai memiliki umur lima hingga 10 tahun, maka lantai kayu dapat bertahan selama beberapa dekade dengan sangat sedikit pemeliharaan. Tidak seperti lantai lainnya, lantai kayu justru dapat menjadi lebih menarik dan menambah karakter rumah Anda dengan seiring bertambahnya usia.

Perawatan & Kebersihan

Perawatan umum dan pembersihan lantai kayu sangat mudah. Hal ini dikarenakan lantai kayu tahan terhadap tumpahan cairan dan kotoran sehingga Anda cukup menyeka atau menyikatnya. Tidak hanya itu, lantai kayu juga memiliki tingkat higienis yang jauh lebih baik daripada jenis lantai lainnya. Tentunya, pemilik hewan peliharaan dan penderita alergi akan mendapat banyak manfaat dari hal ini karena lantai kayu tidak mengandung parasit seperti kutu, tungau debu, kutu atau spora penghasil alergen. Jadi, Anda pun tidak perlu khawatir ketika anak-anak atau hewan peliharaan Anda membuat lantai Anda kotor. Hal ini dikarenakan bau tidak sedap yang ditinggalkan oleh hewan peliharaan atau cairan yang telah tumpah tidak akan lagi menjadi masalah bagi Anda berkat kesederhanaan membersihkan properti ini.

Tidak Lekang oleh Waktu

Tidak seperti karpet, pola linoleum atau ubin yang selalu mengalami pergantian mode, daya tarik lantai kayu adalah mereka memiliki model yang tidak lekang oleh waktu. Meskipun demikian, bukan berarti setiap properti ini memiliki model yang sama. Justru, tidak ada satu pun papan properti ini yang sama sehingga varian warna yang dimiliki setiap lantainya dapat menambah daya tarik alami dan otentik untuk lantai Anda. Properti ini pun telah digunakan di seluruh rumah selama berabad-abad sehingga Anda dapat yakin bahwa tren yang sama tidak akan berubah untuk tahun-tahun mendatang. Manfaat lain adalah jika lantai mulai terlihat membosankan setelah bertahun-tahun digunakan, Anda dapat dengan mudah mengampelas dan menyegel kayunya lagi, sehingga dapat dengan segera menghidupkan suasana rumah Anda kembali ke keadaan yang Anda inginkan.

Merupakan Investasi yang Hebat!

Harga dan anggaran selalu menjadi faktor ketika membeli barang, termasuk saat membeli. Properti ini memiliki seluruh spektrum harga dari yang murah hingga yang lebih mahal sehingga Anda akan selalu menemukan sesuatu yang sesuai dengan anggaran Anda. Daya tarik estetika yang ditawarkan oleh properti ini mampu meningkatkan harga jual hunian Anda saat Anda ingin menjual hunian Anda. Tidak hanya itu, dengan kelebihan properti ini yang memiliki daya tahan yang tinggi dan mudah dibersihkan, Anda tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk mengganti parket  Anda setiap waktu. Itulah yang menjadikan ini sebagai investasi yang hebat.

Itulah berbagai keuntungan yang Anda akan rasakan ketika Anda menggunakan lantai kayu sebagai pilihan Anda. Bagi Anda yang ingin menggunakan lantai kayu sebagai bahan lantai bangunan Anda, maka Anda dapat memperolehnya melalui Flooring LAVINE dari PT. Milan Ecowood Indonesia. Hal ini dikarenakan flooring LAVINE mempunyai desain dan motif yang unik dan mewah sehingga mampu memberikan tampilan yang cocok untuk semua konsep desain interior bangunan Anda.

Tidak hanya itu, flooring LAVINE dari PT. Milan Ecowood Indonesia menggunakan material yang disebut SPC (Stone Plastic Composite) dimana bahan dasarnya terdiri dari batuan khusus untuk bangunan yang disertai PVC yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadikannya material dengan teknologi terkini untuk produk flooring. Bagi Anda yang tertarik, maka Anda dapat mencari informasi lebih lanjut nya melalui website official Milan Ecowood di milanecowood.co.id.