08
Feb

Decking Komposit sebagai Decking Kayu Terpopuler dan Terbesar

Decking Kayu Milan Ecowood

decking kayu

 

Lantai kayu masih banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan bukan hanya di area dalam ruangan, tetapi area luar ruangan pun banyak yang menggunakan material kayu untuk lantai mereka. Namun bahan lantai yang digunakan berbeda antara indoor dan outdoor. Kalau di dalam ruangan, biasanya menggunakan flooring kayu atau parket, sedangkan di luar ruangan, biasanya akan menggunakan bahan yang disebut dengan decking kayu.

Apa itu Decking?

Decking kayu adalah sebuah bahan lantai yang terbuat dari kayu yang biasa digunakan di luar ruangan. Umumnya, decking ini digunakan untuk lantai kayu di kolam renang, gazebo ataupun taman di luar rumah. Decking ini juga bisa digunakan untuk halaman, balkon atau wilayah yang berada di luar rumah Anda.

Sejarah Decking Kayu

Decking kayu sendiri sudah lama digunakan masyarakat sebagai material lantai rumah mereka. Adapun material decking ini muncul sekitar tahun 1960-an. Jenis kayu yang biasanya digunakan untuk dijadikan sebagai decking adalah kayu-kayu keras (hardwood), seperti cedar, oak, maple, dan redwood yang masing-masing memiliki kualitas yang sangat baik. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kini telah hadir decking komposit kayu. Material ini berupa campuran antara serat kayu dan plastik. Meskipun demikian, kegunaannya tidak jauh berbeda dengan decking kayu asli.

Alasan Memilih Decking Kayu untuk Lantai Anda

decking kayu

Secara fungsional, decking ini cocok gunakan sebagai alternatif bagi Anda yang ingin menambah ruang, namun tidak ingin terlalu ribet dalam membongkar atau menambah wilayah yang ada secara konvensional. Anda tinggal menentukan lokasinya, decking pun dapat dipasang dengan cepat. Secara estetika, decking sangat menarik sambil memberikan kenyamanan serta keindahan dari sebuah hunian.

Keuntungan dari Menggunakan Decking Kayu

Berikut beberapa keunggulannya

  • Memiliki penampilan yang menarik – Anda dapat menemukan banyak jenis decking yang ditawarkan di pasaran. Anda hanya perlu menemukan bahan yang sempurna yang sesuai dengan kebutuhan desain lantai Decking ini pun datang dalam berbagai nuansa warna coklat dan emas yang secara alami dapat menambah karakter dan kecanggihan untuk wilayah luar ruangan Anda.
  • Memiliki Daya Tahan yang TinggiDecking kayu berkualitas tinggi memiliki daya tahan yang lama dan dapat bertahan setidaknya selama dua dekade. Terlepas dari itu, materialnya pun kuat, stabil, dan mampu menahan berbagai elemen (sinar matahari, hujan, hingga api) dan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi, sehingga menjadikannya pilihan yang tepat untuk penggunaan di luar ruangan. Bahkan untuk beberapa jenis kayu, seperti ipe, memiliki daya tahan terhadap api yang mungkin sebanding dengan beton. Oleh karena daya tahannya yang tinggi ini, maka Anda akan menemukan bahwa penggunaan decking akan menguntungkan Anda dalam segi biaya karena Anda tidak membutuhkan pengganti besar lantai Anda untuk jangka yang cukup
  • Memiliki pemeliharaan yang rendah – Jenis material lain akan membutuhkan proses pemeliharaan yang memakan waktu untuk menjaga lantai Anda tetap dalam kondisi yang baik. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu ketika Anda menggunaan decking kayu berkualitas. Hal ini dikarenakan decking kayu yang berkualitas memiliki daya tahan terhadap goresan dan penyok. Bahkan ketika ada sesuatu yang keras menggores permukaan decking kayu ini, pengamplasan, pernis, dan waxing dapat dengan mudah memperbaiki kerusakan.

Decking komposit dengan cepat menjadi alternatif decking kayu terbesar di pasar. Meskipun banyak digunakan dalam berbagai bidang, tetapi apa decking komposit ini sebenarnya sehingga mampu menjadi produk terpopuler dan terbesar di pasaran saat ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan mengenai decking komposit di bawah ini.

Apa itu decking komposit?

lantai kayu

Decking komposit adalah produk bangunan buatan manusia yang terbuat dari campuran serat kayu, plastik, dan sejumlah kecil cairan pengikat. Campuran ini kemudian dipanaskan, dibentuk menjadi papan panjang, dan kemudian didinginkan.

Apa manfaat dari decking komposit kayu?

lantai kayu

Komposit memiliki satu manfaat besar dibanding decking kayu tradisional, yaitu ia membutuhkan perawatan yang jauh lebih sedikit. Decking tidak akan melengkung atau retak jika diletakkan di bawah sinar matahari langsung.

Bersifat bebas terhadap serpihan, sehingga memungkinkan decking komposit menjadi tahan noda dan pudar. Bahan ini memiliki penyerapan air minimal yang berarti mereka sangat tahan slip dan dapat digunakan di sekitar kolam dan area basah.

Daya tahan decking komposit yang tinggi memungkinkan decking memiliki umur yang jauh lebih lama daripada produk yang tradisional, yaitu sekitar 15-25 tahun atau lebih lama lagi.

Jenis-jenis yang Ada di Pasaran

lantai kayu

Saat ini ada dua jenis decking komposit kayu di pasaran, yaitu capped dan uncapped. Berikut ini adalah penjelasan kedua jenis tersebut.

Uncapped composite decking atau yang biasa disebut dengan decking terbuka adalah jenis decking yang tidak memiliki perlindungan. Meskipun jenis decking ini bersifat kuat dan keras, namun mereka tidak diberikan perlindungan yang sama terhadap noda dan warna. Ini berarti bahwa dalam beberapa bulan pertama papan mungkin dapat memudar dengan keluarnya sejumlah kecil residu tanin (minyak kayu) dari papan setelah terkena berbagai faktor lingkungan.

Capped composite decking atau yang biasa disebut dengan decking tertutup adalah jenis decking yang memiliki perlindungan. Decking ini diberikan lapisan plastik eksterior, yang berarti bahwa decking ini menjadi sangat tahan terhadap pemudaran dan noda. Papan mudah dibersihkan dan dijaga warnanya saat terpapar lingkungan. Lapisan plastik eksterior ini adalah penggunaan UltraShield dan High-density polyethylene (HDPE).

UltraShield sendiri adalah sebuah teknologi canggih yang berupa lapisan perisai premium yang membungkus semua sisi di sekitar inti. Sedangkan, high-density polyethylene (HDPE) digunakan pada bagian inti decking komposit kayu. Bahan ini dibuat dari bahan daur ulang yang dipilih secara hati-hati berdasarkan kayu daur ulang yang sangat padat dari hardwood dan softwood fiber sehingga memungkinkan inti decking komposit kayu memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih lama.

Itulah beberapa keunggulan decking berbahan kayu. Bagi Anda yang ingin menggunakan lantai berbahan kayu untuk ruang eksterior rumah Anda, maka ini adalah pilihan yang tepat. Untuk mendapatkan yang berkualitas tinggi, maka Anda dapat memperolehnya melalui NewTechWood dari PT. Milan Ecowood Indonesia. Tidak hanya menyediakan berbagai produk kayu dengan perlindungan UltraShield dan High-density polyethylene (HDPE), NewTechWood juga menyediakan berbagai aksesoris tambahan, seperti finisher dan clips. Untuk informasi lebih lanjut, maka Anda dapat memperolehnya melalui website official Milan Ecowood di https://milanecowood.co.id/.